Saturday, November 14, 2015

[page 2] Atribut | PBO Java ( Penggunaan Atribut dalam Pemrograman Berorientasi Objek )

Gambaran Umum mengenai atribut:
Atribut dari sebuah kelas adalah variabel global yang dimiliki sebuah kelas, Atribut dapat memiliki hak akses private, public maupun protected.
  • Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai private hanya dapat diakses secara langsung oleh kelas yang membungkusnya, sedangkan kelas lainnya tidak dapat mengakses atribut ini secara langsung.
  • Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai public dapat diakses secara langsung oleh kelas lain di luar kelas yang membungkusnya.
  • Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai protected tidak dapat diakses secara langsung oleh kelas lain di luar kelas yang membungkusnya, kecuali kelas yang mengaksesnya adalah kelas turunan dari kelas yang membungkusnya.
          Atribut juga biasa disebut state/ properties/ field merupakan bagian yang dimiliki oleh sebuah class yang tidak melakukan operasi, tetapi kepadanya dilakukan operasi sehingga dapat merubah nilai dari attribute tersebut.

Karakteristik Atribut
Dalam class, atribut disebut sebagai variabel. Atribut dapat membedakan antara satu object dengan object yang lain. Sebagai contoh, pada class : mahasiswa, terdapat object mahasiswa si A, dan object mahasiswa si B.

Yang membedakan antara object si A dan si B adalah NPM-nya (Nomor Pokok Mahasiswa) yang merupakan atribut dari object tersebut. Pada atribut, terdapat pula dua istilah variabel, yaitu Instance Variabel dan Class Variable.
Dimana pada tiap variabel memiliki karakteristik tersendiri, diantaranya pada Instance Variabel à tiap object memiliki instance variabel dan menyimpan nilainya tersendiri.

Sedangkan pada Class Variabel à atribut yang dimiliki oleh semua object yang berasal dari class yang sama, serta semua object memiliki nilai class variabel yang sama. atribut yang dimiliki object dari class yang sama.

Variabel 
Variabel adalah wadah yang menampung nilai – nilai yang digunakan dalam program java. Setiap variabel harus didelkarasikan menggunakan tipe data. Misalnya variabel dapat dinyatakan menggunakan salah satu dari delapan tipe data primitif: byte, short, int, panjang, float, double, char, atau boolean. Dan setiap variabel haru diberi nilai awal sebelum bisa digunakan.

Ex. Myage = 21;
Dalam Definisi Kelas, ada tiga jenis variabel.
·         Instance variabels: Setiap metode dalam definisi kelas dapat mengakses variabel tersebut.
·         Parameter variabel: Hanya metode dimana parameter muncul dapat mengakses variabel tersebut. Ini adalah bagaimana informasi akan di teruskan ke object.
·         Local variabel: Hanya metode dimana parameter muncul dapat mengakses variabel ini lokal. Variabel digunkan utnk menyimpan hasil antara.

Konstanta
Sebuah konstanta adalah variabel yang nilainya tidak dapat mengubah setelah telah ditetapkan. Di java, kata kunci final dapat digunakan dengan tipe data primitif fan object abadi (misalnya String) untuk membuat konstanta. Namun, dengan menggunakan kata kunci final dengan variabel yang referensi object normal tidak menjamin isi object yang akan tetap sama. Ini hanya menjamin bahwa variabel akan selalu memegang referensi ke objek yang sama.
 Misal : final int DAYS_IN_JANUARY = 31;

1. Membuat Class Lingkaran


Pembahasan dari syntkas class diatas:
1. Class tersebut disimpan dengan nama file Lingkaras.java
2. Terdapat deklarasi variabel didalam class lingkaran berupa type data double dimana variabel phi di identifikasikan sebagai 3.14.
3. Pada methodd void setJari digunakan untuk mengdeklarasikan var method dan identifikasi var class dengan var method setJari. dimana method tersebut digunakan untuk menyimpan nilai.
4. Sedangkan pada method double jari digunkan untuk mengambil nilai dari nilai yang disimpan pada method setJari, method ini memiliki nilai balik atau return value yang berupa pengembalian pada variabel jari.
5. Pada method luas sama halnya dengan method jari pada method ini digunakan untuk menghitung luas lingkaran, di mana pada variabel luas0 tedapat operand variabel yaitu var phi dengan jari yang digunakan untuk menghitung luas lingkaran.
6. Selanjutnya pada method tampil digunakan untuk menampilkan nilai hasil dari operasi method jari dan luas yang digunakan untuk menampilkan Panjang jari - jari dan luas lingkaran.

2. Menggunakan Class Lingkaran

Pembahasan pada syntaks diatas adalah:
1. Class diatas disimpan dengan nama file Main1,java
2. Pada class ini terdapat program utama untuk menjalankan class lingkaran.
3. Terdapat Instansiasi yaitu pencipataan object baru beru var a yaitu Lingkaran a, yang kemudian var a di identifikasi sebagai konstruktor baru dari class Lingkaran dengan Construktor Lingkaran.
4. var a memanggil method setJari untuk Menghitung nilai jari jari.
5. Kemudian var a memanggil method tampil untuk menampilkan hasil operasi dari method setJari.

Hasil output Program:

3. Menggunakan Class Lingkaran
Pemmbahasan pada Syntaks diatas:
1. Class diatas disimpan dengan file Main2.java
2. Didalam fungsi main terdapat deklarasi var i dimana var ini digunakan untuk menyimpan dan menampilkan data yang di simpan menggunakan array.
3. Dalam fungsi main ini terdapat operator logika for
 for(i=0; i<5; i++){
            a[i]=new Lingkaran();
        }
dimana fungsi logika tersebut digunakan adalah operator logika for yaitu menampilkan perualangan dengan kondisi nilai var i kurang dari 5.  dimana dalam statementnya terdapat a[i]=new Lingkaran() yang merupakan bentuk penciptaan object menggunakan array.
4. Sedangkan pada var array a[0] sampai a[4] digunakan untuk mengisi var menggunakan array dengan index array 1 sampai 4 dengan menggunakan methods serJari.
5. Selanjutnya  pada operator logika
 for(i=0; i<5; i++){
            System.out.println("Lingkaran ke: "+i);
            a[i].tampil();
        }
digunakan untuk menampilkan data dari method tampil dimana var i didalam array a adalah data value dari operator perulangan for.

Hasil Output program :

4. Penggunaan Persamaan Kuadrat untuk mehitung nilai Determinan


Pembahasan dari syntaks diatas:
1. Didalam class persamaa kuadrat pada method Determinan digunakan untuk menyimpan variabel yang didalam statementnya terdapat operator determinannya dengan var det.
2. Method Hitung_X1_X2 digunakan didalam statement sebagai operator logika if dengan kondisi jika var det adalah 0 maka statement didalamnya akan dijalankan begitu juga dengan else if det > 0 dan var det < 0.



Pembahasan:
1. Persamaan_kuadrat[] di dientifikasikan sebagai object pers yaitu instansiasi penciptaan object menggunkan array dengan total arraynya adalah 6 index.
2. sedangakan pada perulangan fornya digunakan untuk menyimpan var array pers, dan menampilkan  var array pers dengan cara memanggil method tampil.

Hasil output Program:

Demikianlah Tutor yang dapat temen - temen pelajari semogga temen - temen dapat memahami dari penjelasan diatas mengenai Atribut dalam Pemrograman Berorientasi Object.

1 comment:

Unknown said...

Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

Well over 160k women and men are trying a easy and SECRET "liquids hack" to drop 1-2 lbs every night as they sleep.

It's very easy and works with everybody.

This is how to do it yourself:

1) Grab a glass and fill it up half the way

2) And now follow this proven hack

and be 1-2 lbs thinner the next day!